Ketahui Perbedaan Motorola Moto E4 dan E4 Plus

Perbedaan Motorola Moto E4 dan E4 Plus – Jika Anda perhatikan, tipe atau jenis smartphone yang hadir di  pasaran bertambah dalam waktu yang relatif singkat. Tipe baru tersebut muncul dengan berbagai keunggulan yang menjadi pembeda dari tipe sebelumnya. Tak dapat dipungkiri bahwa pihak perusahaan yang memproduksi ponsel-ponsel canggih selalu meningkatkan performa ponsel yang mereka produksi karena tuntutan konsumen itu sendiri. Salah satu smartphone yang menjadi perbincangan masyarakat sekarang ini adalah smartphone Moto E4 dan E4 Plus. Kedua jenis smartphone ini dikeluarkan oleh Motorola yang kabarnya baru-baru ini dibeli oleh Lenovo dari pihak Google. Sama halnya dengan ponsel-ponsel keluaran brand terkenal lainnya, kedua jenis ponsel tersebut tentunya memiliki karakteristik tersendiri. Jika Anda berminat untuk membeli salah satu dari kedua ponsel tersebut, beberapa hal berikut ini wajib Anda ketahui:

Moto E4 dan E4 Plus

Spesifikasi Lengkap dari Ponsel Motorola Moto E4 dan E4 Plus

Saat ini, selfie ataupun foto bersama menjadi trend tersendiri di kalangan pengguna smartphone. Konsumen selalu mencari informasi spesifikasi ponsel canggih dari sisi kamera yang memiliki resolusi cukup besar untuk memuaskan hobi berfoto ataupun selfie mereka. Tidak ingin kalah saing dengan ponsel-ponsel yang sudah beredar sebelumnya, ponsel canggih Moto E4 dan E4Plus ini memiliki resolusi kamera yang cukup mumpuni. Kamera depan ponsel Motorola E4 dan E4 Plus sama-sama memiliki resolusi 5MP. Perbedaannya, Motorola Moto E4 resolusi kamera belakangnya hanya 8 MP, sedangkan Moto E4 Plus resolusi kamera belakangnya 13 MP.

Selain dari sisi kamera, Moto E4 dan E4 Plus yang terbilang baru ini menggunakan sistem android yang juga terbilang baru yaitu Android 7.1.1 atau Nougat. Sedangkan dari sisi CPU, CPU yang digunakan merupakan jenis Quad-core 1.25 GHz Cortex-A53. Kedua ponsel tersebut support terhadap Wi-fi, Bluetooth, GPS, Radio, dan USB. Anda tidak perlu install lagi aplikasi-aplikasi tersebut dari store yang ada pada ponsel karena Anda bisa mengakses aplikasi-aplikasi secara langsung.

Penyimpanan internal dari Moto E4 dan E4 Plus terbilang cukup besar. Data yang disimpan dapat mencapai 16 GB dan dapat ditambah penyimpanan eksternal dalam bentuk microSD atau kartu memori berukuran mikro yang dapat mencapai 128 GB. Kinerja ponsel canggih ini pun cukup cepat karena RAM  yang dimiliki berukuran 2 GB. Bahkan pada Motorola Moto E4 Plus, beberapa sudah ada yang dibuat dengan RAM berukuran 3 GB.

Jika Anda pecinta ponsel yang melihat berdasarkan bentuk fisiknya, informasi mengenai ukuran dan berat ponsel menjadi informasi yang penting bagi Anda. Karena Motorola Moto E4 keluar lebih dulu daripada E4 Plus, tak heran jika bentuk fisik Moto E4 Plus memiliki fisik lebih bagus dibandingkan Moto E4. Moto E4 memiliki ukuran panjang 14.47 cm, lebar 7.23 cm, dan tebal 0.9 cm dengan berat 151 gram. Sedangkan Moto E4 Plus memiliki ukuran panjang 15.5 cm, lebar 7.23 cm, dan tebal 0.96 cm dengan berat 151 gram.

Resolusi dan ukuran display atau layar pada ponsel Moto E4 dan E4 Plus hanya memiliki sedikit perbedaan. Pada Moto E4 ukuran layarnya 5  inchi, sedangkan pada Moto E4 Plus, ukuran layarnya 5.5 inch.  Resolusi dari Moto E4 dan E4 Plus sama-sama 720×1280 pixel namun dengan kerapatan atau kepadatan yang berbeda.

Terakhir, spesifikasi yang tak kalah penting adalah informasi tentang baterai yang digunakan. Ponsel Moto E4 menggunakan baterai Li-Ion bersifat removable dengan kapasitas 2800 mAH, sedangkan versi plusnya menggunakan baterai Li-Ion bersifat non-removable dengan kapasitas 5000 mAH. Ponsel dengan baterai removable baterainya dapat dilepas, sedangkan non-removable tidak dapat dilepas atau biasa dikenal dengan baterai tanam.

Membandingkan Kelebihan dan Kekurangan Smartphone Moto E4 dan E4 Plus

Kedua ponsel canggih ini tersedia dalam dua warna yang cantik dan kalem yaitu warna abu-abu dan warna keemasan. Selain resolusi kamera yang cukup tinggi, kamera pada Moto E4 dan E4 Plus sudah dilengkapi dengan auto focus dan LED flash. Kedua ponsel ini pun dapat menangkap jaringan GSM, HSPA, dan LTE atau yang lebih dikenal dengan istilah 3G dan 4G.

Jika dilihat berdasarkan  baterainya, kedua ponsel keluaran baru ini memiliki tipe baterai yang berbeda. Ketika terlalu lama digunakan secara terus menerus sehingga menjadikan overheat dan akhirnya terjadi hang, Motorola tipe E4 dapat di atasi dengan melepas baterainya karena bersifat removable. Sedangkan versi plusnya lebih susah di atasi karena untuk melepas baterainya dibutuhkan orang yang memang ahli. Namun biasanya, ponsel dengan tipe baterai non-removable seperti Moto E4 memiliki bentuk atau body yang lebih slim.

Harga Ponsel Moto E4 dan E4 Plus

Harga dari kedua ponsel di atas tidaklah memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Moto E4ponsel di atas tidaklah memiliki perbedaan yang sangat signifikan. Moto E4 dapat Anda dapat dengan hara sekitar 2 juta sampai 2,5 juta, sedangkan Moto E4Anda dapat dengan hara sekitar 2 juta sampai 2,5 juta, sedangkan Moto E4 sedikit lebih mahal yaitu di atas 2,5 juta.

Setelah mengetahui informasi mengenai Moto E4 dan E4 Plus, Anda dapat memikirkan ulang apakah ingin membeli tipe E4 atau versi plusnya. Harga kedua ponsel tersebut diambil dari rata-rata harga jual di pasaran dan pastinya tergantung kebijakan toko yang menjual.

Baca juga Spesifikasi Unik HP Samsung Galaxy On5 2017 dan Spesifikasi Terbaik Samsung Galaxy Note 7R

Ketahui Perbedaan Motorola Moto E4 dan E4 Plus | Clarita | 4.5